4 Makna Salib Bagi Oang Agama Kristen Lengkap

4 Makna Salib Bagi Oang Agama Kristen Lengkap


Sebagai umat yang beragama Kristen, dapat saja tidak asing ulang bagi kita untuk melihat atau menjumpai salib di di di dalam keseharian. Bisa saja salib itu terpasang di di di dalam salah satu ruangan di di di di dalam daerah tinggal atau terlebih kita termasuk Mengenakan accessories salib. Tidak hanya perempuan, laki-laki termasuk biasa Mengenakan accessories salib ini. Banyak orang Kristen yang Mengenakan accessories salib untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah pengikut Kristus. Namun tidak sedikit pula orang yang Mengenakan accessories salib ini untuk sekadar ‘bergaya’ saja. Lalu memang apa arti salib itu sendiri bagi umat Kristen?Salib sendiri telah tersedia di di di dalam kebudayaan pra-Kristen dan non-Kristen yang menjadi dasariah atau lambang universal. Bahkan dikatakan bahwa salib telah lazim digunakandi Mesir, Kreta, Mesopotamia, India dan termasuk Cina. Salib berasal berasal berasal berasal dari kata Yunani stauros, yang merupakan kata yang berasal berasal berasal berasal dari kata kerja stauroĆ“. Dalam bhs

Latinnya, salib disebut dengan dengan crux atau crucifigo.Baik di di di dalam bhs Yunani maupun bhs Latin, kata salib ini membawa dua arti. Arti yang pertama merjuk terhadap kayu balok yang didirikan dengan dengan tegak. Sedangkan arti yang ke dua merujuk terhadap kayu balok yang digunakan sebagai alat untuk menghukum mati seseorang. Hukuman mati dengan dengan kayu salib ini kita dapat melihat di di di dalam Perjanjian Baru yaitu di di di dalam kisah penyaliban Yesus.Menurut Herodotus, seorang Sejarawan Roma, hukuman salib ini berasal berasal berasal berasal dari Babilonia yang di terima oleh hukum Romawi lewat Persia dan Fenesia. Hukuman salib ini kemudan dterapkan dan menjadi kebiasaan di Kekaisaran Romawi untuk menghukum para bdak, masyarakat setempat dan penjahat kelas rendah untuk pelihara keamanan dan stabilitas terhadap jaman itu. Menurut laporan yang diterima, Flavius Yosephus menunjukkan bahwa banyaknya penyaliban di Roma telah Mengenakan banyak kayu. Pada jaman itu, penyaliban merupakan bentuk eksekusi yang paling keras, kejam dan tidak baik salah satu dua hukuman lainnya seperti dibakar dan dipenggal.

Pada zaman dahulu, salib dilambangkan sebagai suatu hukuman yang membawa target bagi orang-orang yang tidak taat dengan dengan aturan. Dikatakan pula bahwa hukuman salib merupakan hukuman yang paling kejam terhadap jaman itu. Kita dapat melihat kejamnya hukuman salib ini di di di di dalam Alkitab. Salib yang membawa target terhadap zaman dahulu dengan dengan jaman kini tentu saja berbeda. Lalu bagaimanakah salib di di di dalam kehidupan jaman kini? Berikut dapat dijelaskan salib yang dimaksud.

1. Salib di di di dalam kehidupan GerejaBagi kehidupan gereja, salib merupakan suatu tentang yang tentang dengan dengan pewartaan yang dilakukan di tengah-tengah kehidupan berjemaat. Pokok di di di dalam pewartaannya sendiri tentang dengan dengan realitas keselamatan yang diberikan oleh Kristus. Gereja mewartakan karya keselamatan Allah lewat salib itu di mana Yesus mati di kayu salib untuk menebus dan menyelamatkan manusia. Dimana keselamatan hanya dapat diperoleh oleh manusia lewat diri Kristus itu sendiri.Luther menunjukkan bahwa pemberitaan yang benar adalah hikmat yang berasal berasal berasal berasal dari salib. Pewartaan yang membawa target ini berarti salib Kristus merupakan ukuran pemberitaan, baik itu pengakuan Allah, kasih dan termasuk karuniaNya dan termasuk penyelamatan yang dilakukan oleh Kristus. Karena tentang inilah, kehidupan gereja mesti melihat dan mengerti bahwa salib itu merupakan salah satu jalur keselamatan dan bukan penyempurnaan hidup maupun usaha manusia.

2. Salib di di di dalam orang Kristen jaman kiniBerbicara tentang salib, masing-masing orang Kristen jaman kini memikul salibnya masing-masing. Salib yang dipikul oleh umat Kristen tidaklah di di di dalam arti yang memang di mana seseorang mesti memikul salib yang berat seperti yang dilakukan oleh Yesus. Salib yang membawa target di sini merupakan ujian dan pencobaan yang dialami di di di dalam kehidupan.Setiap orang tentu membawa persoalan dan persoalan itu merupakan salib yang kita pikul terhadap pas ini. Berat memang, tetapi beratnya salib yang kita pikul tidak dapat melebihi batas kebolehan kita sebagai manusia. Tuhan sendiri senantiasa menyertai dan menolong kita agar pas kita jatuh tidak dapat hingga tergeletak dan pas tidak ulang tersedia harapan Tuhan dapat beri tambahan jalur keluar.Dapat dikatakan pula, salib merupakan lambang keterlibatan Allah. Melalui salib, kita mengerti dan mengerti bahwa Allah turutterlibat di di di dalam masing-masing persoalan hidup yang kita alami. Dengan salib pula kita dipersatukan dengan dengan Dia dan dengan dengan sesama kita. Allah ikut bekerja dan senantiasa tersedia di di di dalam segala faktor kehidupan manusia.Tidak sedikit orang mendeskripsikan salib di di di dalam artian yang salah. Adapun lebih berasal berasal berasal dari satu pengertian yang salah tentang salib terhadap lain:

1. Salib sebagai jimatPada pas ini tidak sedikit orang yang mendeskripsikan salib sebagai jimat. Salib dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan berkah. Bahkan tidak sedikit pula orang yang mengagungkan salib sebagai suatu tentang yang dapat melancarkan pendidikan maupun pekerjaan. Salib termasuk dianggap sebagai suatu tentang yang dapat membawa kebahagiaan.

2. Salib sebagai lambang kebolehan Salib kerap kadang disalahartikan sebagai lambang kekuatan. Dengan Mengenakan salib seseorang menjadi dirinya menjadi lebih kuat dan termasuk dapat laksanakan banyak hal. Kepercayaan dirinya menjadi meningkat dan justru mengarah terhadap kesombongan.

3. Salib sebagai penentu keimanan Pada pas ini tersedia sebuah tren yang nampak di mana seseorang yang Mengenakan salib dianggap sebagai orang yang beriman kepada Allah dan telah memaknai kekristenannya dengan dengan baik. Tentunya pengertian ini salah karena yang pilih iman dan kepercayaannya kepada Kristus bukanlah salib melainkan iman berasal berasal berasal dari orang itu sendiri.

4. Salib sebagai hiasan yang berestetika Salib kerap kadang dignakan oleh seseorang sebagai hiasan yang berestetika. Pada pas ini banyak sekali salib yang dibikin dengan dengan beragam hiasan yang menaikkan keindahannya. Orang Kristen justru banyak yang melihat salib itu berasal berasal berasal dari faktor keindahannya dan justru pandang remeh arti salib yang sebenarnya. Seberapa pun mahalnya salib yang kita membawa dan seberapa pun indahnya salib itu, jikalau kita tidak memaknai salib itu dengan dengan baik bukankah itu serupa sekali tidak berarti di di di dalam kehidupan kita?Makna Salib Yang Sesungguhnya Pada pas ini kita diajarkan untuk memaknai salib itu. Adapun arti salib yang memang adalah sebagai berikut.

1. Salib sebagai perdamaian Pada dasarnya manusia tidak dapat memperdamaikan dirinya sendiri dengan dengan Allah akibat dosa yang telah diperbuatnya. Karena tidak dapat memperdamaikan dirinya sendiri itulah hubungan manusia dengan dengan Allah menjadi rusak. Namun, karena kehidiran Tuhan Yesus dan lewat salibNya kita diperdamaikan dengan dengan Allah. Allah tidak diperdamaikan dengan dengan siapa pun juga. Namun justru Allah lah yang mengadakan perdamaian itu. Perdamaian yang Allah beri tambahan itu tidak ternilai harganya dan diberikan secara cuma-cuma kepada mereka yang percaya kepadaNya.

2. Salib sebagai pembenaranSeperti yang kita ketahui, upah dosa ialah maut. Karena seluruh manusia telah berdosa maka manusia dapat jatuh ke di di di dalam maut. Namun, Allah berjanji untuk beri tambahan keselamatan dan janjiNya telah digenapi di di di dalam diri Tuhan Yesus. Oleh karena itu kita mencapai pembenaran lewat anugerah dan kasih yang Allah berikan. Manusia dibenarkan karena iman yang dimilikinya di di di di dalam Yesus Kristus dan bukan lewat perbuatannya.

3. Salib sebagai penebusanTuhan Yesus telah beri tambahan manusia penebusan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya lewat salib yang dipikul oleh Tuhan Yesus. Karena salb nlah, dosa manusia telah ditebus agar ia mencapai keselamatan. Demikianlah artikel ini dibuat. Kiranya artikel ini dapat menjadi berkat agar kita seluruh dapat memaknai salib yang telah Yesus beri tambahan di di di dalam hidup ini.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Popular